RSS

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di WordPress.Com

06 Jun

Tips ini saya peruntukan bagi anda yang baru memulai belajar ngeblog di wordpress.com, bukan wordpress.org,  dan tentunya bagi anda yang belum mengetahui hal ini. Anda yang sudah pintar  jangan ngetawain.. memang sih bagi yang sudah pintar, tips  ini merupakan tips yang sangat sepele dan gampang banget, tetapi bagi yang belum tau merupakan sesuatu yang berguna dan berharga.. saya merasakan hal

Daftar isi pada sebuah blog keberadaanya begitu penting, dimana para pengunjung blog dapat melihat keseluruhan postingan dari sebuah blog mulai blog tersebut dibuat sampai hari ini. Dengan adanya daftar isi akan diketahui tanggal dan bulan postingan pertama, sehingga pengunjung akan mengetahui umur blog, juga dapat menilai cepat atau lambat perkembangannya.

Membuat daftar isi bisa dengan cara manual dan dengan cara otomatis. Saya sarankan tidak usah membuat yang cara manual, sebab nanti anda akan kerepotan sendiri… cape dech ! Kadang-kadang lupa. Kalau sudah lupa, pasti males untuk menambahkan yang kelupaan tersebut. Tapi kalo yang otomatis,  anda nyante aja..tidak usah mikirin ngedit daftar isi. Enak bukan ?

Caranya sangat mudah sebagai berikut:

  1. Masuk ke Dhasboard
  2. Pilih Menu Halaman/Page
  3. Pilih Add New
  4. Ketik pada kolom judul halaman  :  “Daftar Isi” …  (atau apa saja terserah anda)
  5. Ketik pada baris pertama lembar halaman : Postingan Saya sejak bulan…. sampai Sekarang (atau apa saja terserah anda)
  6. Pada baris berikutnya ketik kode html :  [Archives] …. pastikan mode editing pada posisi HTML, bukan Visual.
  7. Terbitkan (save)
  8. Selesai.. jadi dech !

Apabila theme blog anda memiliki menu page di header maka akan langsung muncul, tetapi kalo tidak memiliki, maka anda harus bikin menu page di sidebar

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 6 Juni 2011 in Uncategorized

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: